5 Tips Memulai Bisnis UKM dengan Modal yang Sangat Terbatas

5 Tips Memulai Bisnis UKM dengan Modal yang Sangat Terbatas

Info No Comments on 5 Tips Memulai Bisnis UKM dengan Modal yang Sangat Terbatas

Memiliki modal dalam jumlah terbatas baiknya dimanfaatkan dengan baik salah satunya untuk menjalankan bisnis UKM yang bisa dikembangkan sendiri. Menekuni bisnis memang baiknya dilakukan untuk menjadi pelaku bisnis yang sukses dalam waktu dekat. Namun menjalankan bisnis baiknya tidak fokus untuk sukses melainkan fokus menjalankan bisnis tersebut. Supaya kesuksesan didapatkan seiring waktu berjalan, pasalnya dalam menjalankan bisnis memang butuh seni tersendiri dan memulainya sejak dini sangat penting.

Tips Memulai Bisnis Modal Terbatas

Memang bisa dikatakan bahwa orang dengan latar belakang keluarga yang kurang sejahtera bisa sukses dengan menekuni bisnis sendiri. Pesona ini kerap menghipnotis siapa saja untuk mencoba peluang bisnis yang ada supaya melangkahkan kaki untuk sukses. Akan tetapi tidak semua pelaku bisnis merasakan kemudahan untuk mencapai tingkat kesuksesan. Apalagi di masa awal biasanya beragam tantangan yang ditemui kerap membuat pelakunya gulung tikar.

Resiko tutup bisnis tentu tidak dikehendaki bisa terjadi karena faktor apa saja namun kabar baiknya bisa diantisipasi. Berikut kiat memulai bisnis dengan modal terbatas namun menekan resiko bangkrut:

1. Realistis dalam memilih bidang bisnis,
Semua pelaku bisnis dalam langkah awalnya menjadi pebisnis tentu berharap memiliki bisnis skala besar. Namun minimnya modal memberi keterbatasan untuk mewujudkannya dan baiknya tidak putus asa. Dianjurkan untuk lebih realistis misal modal terbatas menyediakan produk dalam skala terbatas pula, sehingga tidak ada modal membengkak dari pinjaman.

2. Menekuninya dengan ekstra kerja keras,
Minimnya modal membutuhkan kerja keras pelaku bisnis UKM tersebut supaya bisa tetap ada dan kemudian berkembang. Usahakan mengurus segala kebutuhan bisnis sendiri atau ditemani satu atau dua orang karyawan terbaik dan terpercaya. Tekan pengeluaran semaksimal mungkin yang membuat beberapa kebutuhan perlu dilakukan dengan tenaga sendiri. Minimnya waktu istirahat dan bersenang-senang menjadi perubahan kondisi yang akan terjadi. Bijak dalam beradaptasi supaya ke depannya mendapatkan bisnis yang menjanjikan.

3. Manfaatkan keuntungan untuk peningkatan keuntungan,
Pelaku bisnis kerap melakukan kesalahan dengan memakai keuntungan bisnis untuk kebutuhan pribadi. Tindakan ini bukannya akan menjadikan bisnis semakin kuat justru membuat pondasinya cepat keropos dan ambruk. Keuntungan usaha baiknya diputar kembali menjadi modal, misal untuk meningkatkan kuantitas produk, jenis produk, mesin produksi, dan lain sebagainya. Sebagai pebisnis tentu akan menjumpai atmosfir persaingan, jika tidak dikembangkan sejak awal maka akan terlindas pebisnis sejenis.

4. Tidak ada salahnya mencoba berinvestasi,
Sebagai pelaku bisnis yang mendapati modal bisnisnya dalam skala terbatas baiknya modal dan keuntungan dimanfaatkan dengan cerdik. Opsional yang cukup menarik adalah menggunakannya untuk kebutuhan investasi. Misal sebagian kecil keuntungan digunakan membeli reksadana, saham, dan sebagainya. Sehingga ke depannya mendapatkan keuntungan dari dua sumber sekaligus yang membantu meningkatkan penghasilan. Namun perlu teliti saat melakukan investasi supaya tidak merugi dan hancur karenanya.

5. Memanfaatkan teknologi sebaik mungkin,
Pebisnis modal terbatas kini sedikit bisa bernafas lega sebab dibantu oleh perkembangan teknologi, terutama internet. Selain ada banyak mesin produksi yang lebih canggih dengan produktifitas lebih baik. Promo bisa dilakukan secara online terutama melalui media sosial, bisa pula membuka lapak online. Sehingga produk usaha yang jumlahnya terbatas tidak menjadi soal sebab tidak perlu memikirkan soal sewa toko dan sebagainya. Berbisnis memang butuh strategi dan memanfaatkan internet menjadi salah satu pilihan menarik. Menekuni bisnis UKM di zaman sekarang bisa dikatakan lebih mudah dibanding dulu.

Author

Leave a comment

Search

Back to Top